Minggu, 06 April 2014

Tangki 22,2 Liter RC1000V yang dianggap nanggung

Boleh saja HRC klaim power motor mereka tidak kalah melawan open class lainnya. Namun fakta dilapangan tidak bisa dibohongi. Dibahas oleh Motomatter….Nicky Hayden sangat senang dengan handling yang ditawarkan RCV1000R. Pasca pindah dari Ducati. Menunggangi RCV tentu bak motor jinak. Tapi lemahnya top speed membuat para rider open class Honda mengungkapkan kekecewaan. Mereka merasa kehilangan banyak waktu dilintasan lurus, mereka menuding HRC kurang mampu mengoptimalkan desain secara keseluruhan. Maksudnya?


Tahukah anda bahwa ukuran tanki RCV1000R ternyata hanya 22,2 liter maksimum. Kapasitas daya tampung lebih sedikit 1,7 liter dari 24 liter yang diperbolehkan Dorna untuk kelas 'Open'. Tentu saja para tim open class yang sudah membeli RCV1000R dari Honda merasa kesal dan tidak mengerti terhadap desain tanki yang terkesan nanggung. Hal ini diungkapkan oleh Scott Redding seperti diungkap Crash.

” Tanki hanya mampu menampung 22,2 liter bensin. Aku tidak mengerti kenapa jika kita bisa menggunakan 24 liter…..mereka menggantinya dengan yang lebih sulit. Tapi mau bagaimana lagi, kita harus menghemat bensin saat race, sebuah pengalaman baru buatku. Jika mereka menyediakan tanki yang lebih besar, itu adalah sebuah langkah bagus untuk membuat kami bisa maju kedepan..” keluh Redding.

Sepertinya diawal pembuatan RCV1000R, Honda cukup pede bahwa motor versi produksi mampu bersaing dengan lainnya. Jadi dengan kapasitas tanki 22,2 dirasa cukup mengingat RC213V hanya dibekali tanki maksimum 21liter. Tapi dengan spek yang memang jauh dibanding versi prototype seperti nihilnya pneumatic valve, perbedaan ECU software serta SSG….banyak dari para tim open class menilai Honda telah melakukan kesalahan besar.Yup, besarnya horse power dibutuhkan, maka pancingan bahan bakar yang lebih banyak untuk mengejar ketertinggalan perfoma. Sayang mereka tidak bisa melakukannya karena keterbatasan desain kapasitas tanki RCV1000R yang sejak awal dipasang 22,2 liter. Pertanyaannya…kenapa Honda tidak fleksibel membebaskan tiap tim memodifikasi sendiri tanki RCV1000R agar kapasitas bisa menampung 24 liter seperti regulasi Dorna?


Jawabannya simple. Seperti dilansir Crash, seperti saat membeli HP atau laptop yang disegel dan ditempel menyilang pada komponen. Disitu pasti tertulis ” jika stiker rusak, maka garansi hilang”. Artinya desain tanki sudah menjadi kesatuan paket RCV1000R dengan perhitungan matang. Mau dirombak atau dirubah seenak jidat, ya..kita lepas tangan jika itu terjadi..

Mau nungging, main rodeo, ndolosor, backflip,frontflip masa bodo. Kalo ada apa-apa jangan libatkan kami Salah sendiri, udah utak-atik sendiri. Mungkin begitulah gambarannya. Sayang sejauh ini HRC belum merespon keluhan yang dilontarkan para team open class tentang kapasitas tanki. Entah gengsi atau memang berusaha mencari solusi? tidak ada yang tahu. So, pengguna RCV1000R? sing sabaaarrr...


Apollo Rider

Tidak ada komentar:

Posting Komentar